Awal Puasa Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa ? 27 Mei 2017

Sudah tahukah awal Puasa Ramadhan 2017 jatuh pada tanggal berapa ? Puasa Ramadhan menjadi momen yang paling dinanti oleh setiap muslim diseluruh penjuru Dunia karena berbagai keberkahan yang bisa didapatkan didalamnya. Namun, pertanyaannya saat ini yaitu awal Puasa Ramadhan 2017 apakah sudah ditetapkan oleh ormas Islam dan Pemerintahan Indonesia untuk penetapannya jatuh pada tanggal berapa ?

Awal Puasa Ramadhan 2017

Awal Puasa 2017 yang berarti penetapan 1 Ramadhan 1438 Hijriah sebagai hari pertama mulai dalam menjalankan ibadah Puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Di Indonesia dalam penetapan ini bisa kita ketahui setelah sidang isbat yang diselenggarakan oleh Pemerintahan melalui Kementerian Agama (kemenag) RI bersama berbagai Ormas Islam termasuk NU dan Muhammadiyah juga berbagai elemen terkait.

Nahdhatul Ulama (NU) sebagai ormas paling banyak pengikutnya dalam penetapannya akan menggunakan metode hisab dan juga melihat hilal (rukyatul hilal) di berbagai wilayah di Indonesia bersama pemerintahan dalam sidang isbat akan dilanjutkan dengan mengambil keputusan bersama dalam penetapan 1 Ramadhan 1438 Hijriah sebagai awal puasa 2017.

Sementara itu ormas Muhammadiyah melalui Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan untuk awal puasa Ramadhan 2017 / 1438 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017.

Thomas Djamaluddin selaku Anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Kemenag RI telah menyampaikan bahwa kalau dari segi hitungan awal puasa Ramadhan sudah bisa diprediksi yaitu bila secara hitungan diperkirakan awal puasa jatuh pada Sabtu 27 Mei 2017.

Sidang Isbat akan digelar oleh Kementerian Agama (kemenag) RI bersama MUI dan ormas-ormas Islam dan juga Instansi terkait. Sepengetahuan seorang blogger untuk jadwal sidang isbat biasanya dilaksanakan pada akhir bulan Syaban dan pada sore hari lalu hasilnya akan diumumkan setelah magrib sebelum isya.

Walaupun ormas Muhammadiyah sudah menentukan terlebih dahulu penetapan awal puasa 2017, bagi yang mengikuti silahkan. Akan tetapi bila ingin lebih yakin lagi bisa menunggu hasil sidang isbat, prediksi dari berbagai pihak terkait untuk awal puasa Ramadhan 2017 akan ada kesamaan dalam mulai puasa maupun akhir puasa dalam hal ini akan secara bersamaan merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Apabila ternyata nanti akan ada perbedaan pendapat dalam penetapan awal dan akhir jadwal puasa 2017 maka mari kita kedepankan sikap saling menghargai dan menghormati sesama muslim di Indonesia untuk bisa menjalankan Ibadah dibulan suci Ramadhan.

Selanjutnya : Jadwal Puasa Ramadhan 2017 (waktu imsak dan sholat)

0 Response to "Awal Puasa Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa ? 27 Mei 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel