Puasa Dzulhijjah Pahala Keutamaan 10 hari di Bulan Dzulhijjah

Advertisement
Puasa Dzulhijjah merupakan ibadah puasa yang dilakukan di awal bulan Dzulhijjah yaitu tanggal 1-9 Dzulhijjah. Lalu pada 10 Dzulhijjah diharamkan untuk berpuasa karena pada hari tersebut merupakan Hari Raya Idul Adha (Hari Nahr). 10 hari pertama awal bulan Dzulhijjah Allah menjadikan sebagai waktu utama untuk beramal sholih terutama dalam melakukan ibadah puasa selain Hari Nahr dan amalan lainnya yang di disyari’atkan agama islam.

Banyak keutamaan dalam 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah dalam firman Allah SWT “Dan demi malam yang sepuluh.” (QS. Al Fajr: 2).

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.

Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,
عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, …”

Imam Ahmad, rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid.

Ada beberapa hari yang terkenal dari yang seorang blogger ketahui pada bulan Dzulhijjah yaitu hari kesepuluh disebut Hari Nahr (Qurban), Hari Arofah (9 Dzulhijjah) dan Hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
“Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.”


  • Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah (Hari 1-9 Dzulhijjah)
  • Hari ke 9 Dzulhijjah adalah hari Arafah. Barang siapa berpuasa pada hari itu puasanya menjadi tebusan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.
  • Hari ke 10 Dzulhijjah adalah hari raya Iedul Qurban. Barang siapa menyembelih Qurban, maka pada tetesan pertama darah Qurban diampunkan dosa dosanya dan dosa anak anak dan istrinya.

Puasa dzulhijjah di hari yang pertama sampai kesembilan banyak sekali pahala yang didapatkan dari keutamaan hari-hari tersebut lalu di hari kesepuluh bila berqurban maka subhanallah semoga Allah mengampuni semua dosa-dosa kita semua dan meridhoinya, Amin.

Amalan yang paling utama di bulan Dzulhijjah tentunya Ibadah Haji dan Umrah namun bila tidak memungkinkan untuk pergi melaksanakannya maka kita bisa berkurban pada hari Nahr. Amalan yang lainnya yaitu Puasa tanggal 1-9 Dzulhijjah, Takbir dan Dzikir, Taubat Nashuha, banyak beramal shalih dan bersyukur. Tentunya dalam melakukan amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sudah harus meninggalkan segala bentuk kemaksiatan dan perbuatan dosa yang dilarang oleh Allah SWT.
Advertisement
Puasa Dzulhijjah Pahala Keutamaan 10 hari di Bulan Dzulhijjah | Yoga Ailala | 5

0 comments:

Post a Comment